HUBUNGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE TERHADAP KEJADIAN FLUOR ALBUS PADA REMAJA PUTRI DI PONDOK PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN

Authors

  • Cintika Yorinda Sebtalesy Program Studi Diploma III Kebidanan, STIKES Bhakti Husada Mulia, Madiun
  • Dian Anisia Widyaningrum Program Studi Sarjana Keperawatan STIKES BHM Madiun

DOI:

https://doi.org/10.51851/jkb.v7i1.272

Keywords:

Perilaku Personal Hygiene, Fluor Albus, Remaja Putri

Abstract

Jumlah kejadian fluor albus meningkat setiap tahunnya, salah satu penyebabnya adalah  personal hygene yang tidak baik. Pencegah kejadian fluor albus adalah dengan cara berperilaku personal hygiene baik. Tujuan penelitian yaitu menganalisis hubungan perilaku personal hygiene terhadap kejadian fluor albus pada remaja putri di Pondok Pesantren Sabilil Muttaqien Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan.

Jenis penelitian korelasional dengan desain Cross Sectional. Populasi penelitian adalah remaja putri (39 orang), dengan teknik Total Sampling didapatkan sampel 39 santri. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa bivariat menggunakan uji Mann-Whitney (α = 0,05).

Hasil penelitian perilaku personal hygiene yang baik 11(78,6%) mengalami fluor albus dan 3(21,4%) tidak mengalami  fluor albus, perilaku personal hygienenya kurang baik 12(70,6%) mengalami keputihan dan 5(29,4%) tidak mengalami fluor albus, sedangkan personal hygiene yang tidak baik 7(87%) mengalami fluor albus dan 1(12,5%) tidak mengalami fluor albus. Hasil uji statistik menunjukkan ρ value = 0,004 <  α = 0,05, maka ada hubungan perilaku personal hygiene dengan kejadian fluor albus.

Perilaku personal hygiene yang tidak baik berdampak terhadap kejadian fluor albus namun beberapa individu yang perilaku personal hygiene baik bisa mengalami fluor albus, karena ada jenis fluor albus fisiologis. Edukasi tentang pentingnya perilaku Personal Hygiene dapat merubah perilaku serta mencegah terjadinya kejadian fluor albus.

 

Kata Kunci    : Perilaku Personal Hygiene, Fluor Albus, Remaja Putri

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-27

How to Cite

Sebtalesy, C. Y., & Widyaningrum, D. A. . (2022). HUBUNGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE TERHADAP KEJADIAN FLUOR ALBUS PADA REMAJA PUTRI DI PONDOK PESANTREN SABILIL MUTTAQIEN KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN. Jurnal Kebidanan Besurek, 7(1), 1-7. https://doi.org/10.51851/jkb.v7i1.272

Issue

Section

Articles