Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Komunikasi Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Di RSUD Dr. M.Yunus Bengkulu

Authors

  • Anggia Budiarti STIKes Sapta Bakti
  • Deno Harmanto STIKes Sapta Bakti

DOI:

https://doi.org/10.51851/jmis.v7i1.320

Keywords:

Kepuasan, Komunikasi, Pendaftaran Pasien Rawat Jalan

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah komunikasi, dalam hal ini juga
termasuk perilaku, tutur kata, keacuhan, senyum, sapa dan salam diawal pelayanan dan respon
pembicara kepada lawan bicara serta Kemudahan mendapatkan informasi dan komunikasi menduduki
peringkat yang tinggi dalam persepsi kepuasan pasien rumah sakit tidak larang walaupun pasien
keiuarga merasa outcome tak sesuai dengan harapannya,pasien/keluarga merasa cukup puas karena
dilayani dengan sikap yang menghargai perasaan. Melihat gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap
komunikasi pendaftaran rawat jalan Bengkulu. Penelitian mi merupakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan cross sectional yaitu dengan cara pengumpulan data sekaligus pada suatu waktu dengan
tujuan untuk mencari kepuasan pasien pada komunikasi petugas pendaftaran rawat jalan RSUD Dr.
M. Yunus Bengkulu. Dari 20 responden diketahui 12 (60%) menyatakan cukup puas terhadap
kepuasan pasien dan dan 20 responden diketahui 12 (60%) menyatakan komunikasi petugas cukup
baik dan komunikasi petugas cukup baik dalam penyampaiannya komunikasi yang di gunakan
komunikasi 2 arah yaitu petugas dan pasien dan mendapatkan sedikit kendala dalam komunikasi yaitu
kebisingan

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Budiarti, A., & Harmanto, D. (2022). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Komunikasi Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Di RSUD Dr. M.Yunus Bengkulu. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan (Health Information Management), 7(1), 1-5. https://doi.org/10.51851/jmis.v7i1.320

Issue

Section

Articles