Pengaruh Edukasi Melalui Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja

Authors

  • Nahda Azhari Universitas Muslim Indonesia
  • Yusriani Yusriani Universitas Muslim Indonesia
  • Een Kurnaesih Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51851/jrmk.v5i1.314

Keywords:

Education, Leaflet Media, Knowledge, Reproduction Health

Abstract

Latar Belakang: Edukasi melalui media leaflet sangat diperlukan untuk mempersiapkan remaja dalam menghadapi masa depan namun, sepanjang tahun 2020 hingga tahun 2022 ini, kegiatan edukasi melalui media leaflet tidak lagi terlaksana bahkan edukasi melalui media leaflet tidak pernah lagi melakukan penyuluhan ataupun pemberian leaflet sehingga pengetahuan kesehatan reproduksi remaja tidak lagi ter upgrade. Permasalahan dalam penelitian ditemukan rendahnya pengetahuan siswa terkait KRR membuat siswa menyontek satu sama lain dalam pengisian kuesioner pre-post test. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi melalui media leaflet terhadap Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Siswa SMAN 5 kota Makassar Tahun 2022. Metode: Jenis penelitian ini adalah Quasy eksperimen one group pretest–postest. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling yang terdiri dari 81 responden kelompok. Hasil Penelitian: Adanya peningkatan pengetahuan siswa pada saat sebelum (18,5%) dan setelah (91,4%) terlibat kegiatan edukasi melalui media leaflet. Hasil uji pengaruh ditemukan: (1) Ada pengaruh edukasi melalui media leaflet terhadap pengetahuan (ρvalue=0,000<0,05). Kesimpulan dan Saran: Diperoleh bahwa ada pengaruh edukasi melalui media leaflet terhadap pengetahuan, sehingga diharapkan agar edukasi melalui media leaflet pada siswa SMAN 5 Makassar untuk tetap dijalankan secara berkelanjutan.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Azhari, N., Yusriani, Y., & Kurnaesih, E. . (2022). Pengaruh Edukasi Melalui Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja. Jurnal Riset Media Keperawatan, 5(1), 38-43. https://doi.org/10.51851/jrmk.v5i1.314

Issue

Section

Articles