Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit TK IV 02.07.01 Zainul Arifin Tahun 2020

Authors

  • Marlin Sutrisna Universitas Dehasen

DOI:

https://doi.org/10.51851/jmis.v5i2.143

Keywords:

waktu, pelayanan, rumah sakit

Abstract

Waktu tunggu adalah waktu yang dipergunakan oleh pasien untuk mendapatkan pelayanan
rawat jalan dari tempat pendaftaran sampai masuk ke ruang pemeriksaan dokter. Tujuan
penelitian ini adalah Untuk mengetahui waktu tunggu pasien di poliklinik penyakit dalam
terhadap pelayanan rekam medis di rumah sakit TK IV 02.07.01 Zainul Arifin Bengkulu.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah 140 berkas
rekam medis di rumah sakit TK IV 02.07.01 Zainul Arifin Bengkulu, dengan tehnik
pengambilan sampel total sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi langsung.
Analisis secara univariat. Hasil analisis univariat menunjukkan tentang lama waktu tunggu
dikategorikan lama yaitu 18 menit dari 42 berkas pasien (71,5%), dikategorikan cepat 7
menit (28,5%). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, lama waktu tunggu pelayanan pasien
dikategorikan lama . untuk mengurangi lama waktu tunggu, seharusnya pihak rumah sakit
lebih memperhatikan tentang lama waktu tunggu pelayanan, sebaiknya di pendaftaran rawat
jalan menggunakan sistim komputerisasi maka akan memperlancar pelaksanaan kegiatan
sehingga berakibat pada waktu tunggu pasien menjadi lebih cepat.

Downloads

Published

2021-03-10

How to Cite

Sutrisna, M. (2021). Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit TK IV 02.07.01 Zainul Arifin Tahun 2020. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan (Health Information Management), 5(2). https://doi.org/10.51851/jmis.v5i2.143

Issue

Section

Articles