Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di RSUD Tais Kabupaten Seluma

Authors

  • Ririn Syafrita STIKES Bakti Husada
  • Putri Octasari STIKES SAPTA BAKTI BENGKULU

DOI:

https://doi.org/10.51851/jmis.v3i1.175

Keywords:

indeks mutu pelayanan, pendaftaran, rekam medis

Abstract

Untuk meningkatkan dan menjaga mutu pelayanan merupakan prioritas utama dalam
manajemen pelayanan kesehatan dan bagaimana kualitas pelayanannya. Tujuan penelitian
ini adalah Untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat di Rawat Jalan Rumah Sakit
Tais Kabupaten Seluma. Jenis penelitian yang di gunakan dalam cara pendekatan deskriptif
dengan Cross-cestiona. Populasi dalam penelitian dari pasien rawat jalan yan berkunjung
pusat pelayanan kesehatan di RSUD Tais Kabupaten Seluma. Maka seluruh pasien yang
datang tempat pendaftaran rawat jalan Rumah Sakit Tais dengan sampel diambil secara
accidental sampling dimana penetapan jumlah responden tersebut berjumlah 100 orang dari
data kuesioner yang telah danalisis, sesuai dengan ketetapan keputusan mentri
pemndayagunaan Aparatur Negara No : KEP/25/M.PAN/2/2004 maka diperoleh penilaian
IKM berdasarkan 9 karakteristik indikator. Penelitian ini secara deskriptif hanya
menggunakan analisis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2017. Hasil
penelitian berdasarkan karakteristik, dengan nilai rata-rata sebesar 1,97%. Maka
berdasarkan setiap indikator kepuasan penilainya ini dalam persentase terhadap indeks
kepuasan masyarakat di RSUD Tais Kabupaten Seluma sebesar Prosedur pelayanan 52,3%,
Kejelasan petugas pelayanan 60,3%, Kedisiplinan petugas 68,0%, Tanggung jawab petugas
67,3%, Keadilan mendapatkan pelayanan 65,3%, Kesopanan dan keramahan petugas
56,0%, Kepastian jadwal pelayanan 68,8%, Kenyamanan lingkungan 66,0%, dan
Kenyamanan pelayanan 63,3%. Diharapkan meningkatkan dan mempertahankan kualitas
pelayanan kesehatan terutama di bagian pendaftaran rawat jalan dikarenakan sebagai pusat
pelayanan untuk mendaftar sebelum berobat atau menuju poli klinik dan juga untuk merima
rujukan dari Puskesmas atau bidan setiap wilayah yang ada di Kabupaten Seluma

Downloads

Published

2021-03-10

How to Cite

Syafrita, R., & Octasari, P. . (2021). Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di RSUD Tais Kabupaten Seluma. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan (Health Information Management), 3(1). https://doi.org/10.51851/jmis.v3i1.175

Issue

Section

Articles