Evaluasi kualitas aplikasi kesehatan menggunakan System Usability Scale

Authors

  • Sandra Afrizal Universitas Binawan
  • Rima Prihatni Universitas Indonesia
  • Sutanto Priyo Hastono

DOI:

https://doi.org/10.51851/jmis.v9i1.492

Keywords:

Pelayanan kesehatan online, aplikasi kesehatan, system usability scale

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini memberikan kemudahan akses bagi masyarakat terhadap layanan kesehatan berbasis online. Salah satu penyedia layanan kesehatan berbasis online adalah Halodoc. Saat ini aplikasi tersebut telah diunduh oleh jutaan masyarakat di Indonesia. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas salah satu aplikasi kesehatan yaitu Halodoc, dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Metode penelitian ini menggunakan survei yang disebarkan melalui Google form yang berisikan sepuluh pertanyaan tentang pengalaman menggunakan aplikasi kesehatan Halodoc. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa rata-rata nilai SUS adalah 78,8 dan masuk dalam kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini, aplikasi Halodoc mempunyai tingkat penerimaan yang cukup baik, mudah digunakan, dan responden yang permah menggunakan aplikasi ini dapat memahami manfaat dari sistem ini. Terdapat beberapa masukan yang diberikan untuk pengembangan dari aplikasi ini antara lain: penambahan fitur catatan medis pribadi, penambahan metode pembayaran, dan juga fitur kegawatdaruratan (emergency).

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Afrizal, S., Rima Prihatni, & Sutanto Priyo Hastono. (2024). Evaluasi kualitas aplikasi kesehatan menggunakan System Usability Scale. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan (Health Information Management), 9(1), 1-9. https://doi.org/10.51851/jmis.v9i1.492