Analisis Efektivitas Sistem Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tuntungan

Authors

  • Putri Dina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adelia Andina Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Fatimah Azzahra Siregar Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Fitriani Pramita Gurning Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

Keywords:

BPJS Kesehatan, , Efektivitas, , Kepuasan pasien, , Pelayanan kesehatan, , Puskesmas

Abstract

Abstrak

BPJS Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Jaminan Kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh pemerintah. Program ini melayani dari berbagai lapisan dari kalangan masyarakat. BPJS Kesehatan ditujukan untuk memberikan proteksi agar seluruh lapisan masyarakat mendapatkan akses kesehatan secara merata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektifitas sistem badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) kesehatan dalam menyediakan layanan kesehatan kepada peserta di puskesmas tuntungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan petugas administrasi dan pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden menganggap layanan kesehatan di Puskesmas Tuntungan cukup memuaskan. Serta prosedur pendaftaran dan verifikasi BPJS sudah di lakukan secara baik dan efektif. Namun, terdapat temuan bahwa waktu tunggu untuk mendapatkan pelayanan medis masih cukup lama, terutama pada hari-hari sibuk. Hal ini dapat mengindikasikan adanya potensi perbaikan dalam efisiensi penyelenggaraan layanan. kesimpulan dari penelitian ini bahwa sistem BPJS Kesehatan memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan pelayanan kesehatan di Puskesmas Tuntungan. Pelayanan yang disediakan melalui BPJS memungkinkan akses yang lebih merata dan mudah bagi masyarakat, meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti waktu tunggu yang lama dan sikap kurang ramah dari beberapa petugas. Namun, secara keseluruhan BPJS Kesehatan di Puskesmas Tuntungan berhasil meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan meski ada ruang untuk perbaikan dalam beberapa aspek operasional dan pelayanan.

Kata kunci: BPJS Kesehatan, Efektivitas, Kepuasan pasien, Pelayanan kesehatan, Puskesmas

Analysis of the Effecitiveness of the Social Security Organizing Agency (BPJS) Health Insurance System on Health Services at Tuntungan Comunity Health Center

Abstract

BPJS Health is a legal entity established to administer the health insurance program. Health insurance provides health protection to ensure that participants receive health maintenance benefits and protection in meeting basic health needs. These benefits are provided to everyone who has paid contributions or whose contributions are paid by the government. This program serves various layers of society. BPJS Health aims to provide protection so that all layers of society have equal access to healthcare. This study aims to analyze the effectiveness of the BPJS Health system in providing healthcare services to participants at Puskesmas Tuntungan. The study uses a qualitative approach, with data collected through in-depth interviews with administrative staff and patients. The results of this study indicate that most respondents consider the healthcare services at Puskesmas Tuntungan to be quite satisfactory. The registration and verification procedures for BPJS have been carried out well and effectively. However, there are findings that the waiting time to receive medical services is still quite long, especially on busy days. This indicates a potential for improvement in the efficiency of service delivery. The conclusion of this study is that the BPJS Health system has a significant impact on improving healthcare services at Puskesmas Tuntungan. The services provided through BPJS allow for more equitable and easier access to healthcare for the community, although there are still some challenges such as long waiting times and the less friendly attitude of some staff. Overall, BPJS Health at Puskesmas Tuntungan has succeeded in enhancing the quality of healthcare services, despite some room for improvement in several operational and service aspects.

Keywords: BPJS Health, Effectiveness, Patient Satisfaction, Healthcare Services, Community Health Center

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Dina, P., Andina, A., Azzahra Siregar, F., & Pramita Gurning, F. (2024). Analisis Efektivitas Sistem Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tuntungan. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan (Health Information Management), 9(1), 72-85. Retrieved from https://ojs.stikessaptabakti.ac.id/jmis/article/view/504