Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Kecenderungan Kepribadian Terhadap Flourishing pada Mahasiswa Universitas Malahayati

Authors

  • adinda Universitas malahayati
  • Dewi Lutfianawati Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Malahayati

DOI:

https://doi.org/10.51851/jmis.v9i2.556

Keywords:

Flourishing; Mahasiswa; Dukungan Sosial; Kepribadian

Abstract

Mahasiswa memiliki berbagai tuntutan baru dalam hidupnya seperti beban akademik dan juga tuntutan lingkungannya, dalam kehidupannya mahasiswa sering kali dihadapkan pada berbagai situasi yang berdampak pada rendahnya tingkat flourishing pada dirinya. Mahasiswa yang memiliki flourishing yang tinggi lebih dapat menjalani kehidupan perkuliahannya dengan baik. Dukungan sosial teman sebaya dan kepribadian merupakan faktor yang memengaruhi tingkat flourishing dalam diri individu. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dan kecenderungan kepribadian terhadap flourishing pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 271 mahasiswa di Universitas Malahayati. Alat ukur dalam penelitian menggunakan Skala PERMA, Skala PSS-FR dan Skala Big Five. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial teman sebaya dan kecenderungan kepribadian secara bersama –sama (simultan) memiliki hubungan terhadap flourishing dan kecenderungan kepribadian neuroticism secara parsial tidak terdapat hubungan terhadap flourishing pada mahasiswa di Universitas Malahayati. Implikasi hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi mahasiswa untuk meningkatkan  flourishing agar bisa mencapai tingkat yang optimal sehingga bisa menjalani masa perkuliahan dengan baik dan suskes.

Kata Kunci : Flourishing; Mahasiswa; Dukungan Sosial; Kepribadian

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

adinda, & Lutfianawati, D. (2024). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Kecenderungan Kepribadian Terhadap Flourishing pada Mahasiswa Universitas Malahayati. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan (Health Information Management), 9(2), 375-384. https://doi.org/10.51851/jmis.v9i2.556

Issue

Section

Articles