Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Dukungan Sosial Guru Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Retardasi Mental Sedang Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Palembang

Authors

  • Latifah Latifah STIK Siti Khadijah Palembang, Indonesia
  • Annisa STIK Siti Khadijah Palembang, Indonesia
  • Nelly Maryam STIK Siti Khadijah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51851/jrmk.v6i2.418

Keywords:

Pola Asuh, Dukungan Sosial, Kemampuan Sosialisasi, Retardasi mental

Abstract

Anak dengan retardasi mental mengalami kesulitan dalam membina hidup sehari-hari oleh karena itu pola asuh yang dipilih orang tua dalam membimbing dan mendidik anak retardasi mental berbeda dengan anak yang normal, begitu juga dengan dukungan sosial guru terhadap anak-anak tersebut cenderung kurang karena guru hanya dekat pada saat proses belajar mengajar.  Tujuan diketahui Hubungan antara pola asuh orang tua dan dukungan sosial guru terhadap kemampuan sosialisasi pada anak retardasi mental sedang di YPAC Palembang. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross secitonal. Populasi penelitian ini adalah seluruh orangtua tua yang memiliki anak retardasi mental sedang di YPAC Palembang berjumlah 66 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 responden. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian didapatkan hasil uji chi-square adanya hubungan bermakna antara pola asuh orang tua dan dukungan sosial guru terhadap kemampuan sosialisasi pada anak retardasi mental sedang dengan ρ value=0,013< α(0,05). Sedangkan untuk dukungan sosial guru didapatkan nilai ρ value=0,002 < α(0,05). Kesimpulan adanya hubungan bermakna antara pola asuh orang tua dan dukungan sosial dan dukungan sosial guru terhadap kemampuan sosialisasi pada anak retardasi mental diharapkan untuk pihak sekolah menyediakan akses untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan sosisalisasi anak dengan retardasi mental sedang bagi para orang tua

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Latifah, L., Annisa, & Nelly Maryam. (2023). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Dukungan Sosial Guru Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Retardasi Mental Sedang Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Palembang. Jurnal Riset Media Keperawatan, 6(2), 107-112. https://doi.org/10.51851/jrmk.v6i2.418

Issue

Section

Articles