EFEKTIFITAS E-LEARNING TENTANG MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT DI POLIKLINIK RS X DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.51851/jrmk.v7i1.451Keywords:
e-learning, mutu pelayanan, pengetahuanAbstract
Manajemen mutu pelayanan sebagai salah satu pengetahuan yang harus dimiliki perawat, namun beberapa study menunjukan masih rendahnya pengetahuan perawat terkait dengan mutu pelayanan. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan adalah dengan pendidikan yang berkesinambungan. Perkembangan teknologi mendorong berbagai instansi kesehatan memanfaatkan sistem e-learning untuk meningkatkan efektifitas dan fleksibilitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas e-learning mutu pelayanan Rumah Sakit terhadap tingkat pengetahuan perawat. Metode kuantitatif observasional retrospektif, jumlah sampel 26 orang dipilih dengan metode simple random sampling. Analisis data mengunakan wilcoxon sign rank test. Hasil penelitian didapatkan rata-rata tigkat pengetahuan pre-test 63,07 dan post-test 95,38, dengan beda rata-rata 32,31. Berdasarkan hasil analisis didapatkan nilai p-value = 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada efektifitas e-learning mutu pelayanan Rumah Sakit terhadap tingkat pengetahuan perawat di Poliklinik RS X Denpasar. Manajemen keperawatan diharapkan terus mengembangkan e-learning sebagai media pembelajaran secara berkesinambungan sebagai upaya dalam meningkatkan pengetahuan perawat