ANALISIS PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD ARGAMAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA
DOI:
https://doi.org/10.51851/jrmk.v1i1.5Keywords:
pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien rawat inapAbstract
Pelayanan kesehatan seperti pelayanan keperawatan yang baik merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat seperti peningkatan pelayanan yang diberikan Perawat maupun Dokter terhadap Pasien, peningkatan jumlah perawat dan dokter serta peningkatan manajemen pelayanan di Rumah Sakit sehingga pelayanan keperawatan terhadap masyarakat bisa berjalan maksimal dan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan meningkat. Perubahan–perubahan dan perbaikan dalam manajemen pelayanan kesehatan khususnya di rumah sakit harus ditingkatkan mengingat banyaknya keluhan masyarakat mengenai pelayanan kesehatan khususnya pelayanan keperawatan. Setelah dianalisis dengan menggunakan bantuan komputerisasi di dapat X² hitung sebesar 10, 544, apabila divabdingkan dengan Xtabel yaitu 3,84 dengan α= 0,05 dan P=0,001 maka X²Hitung lebih besar dari Xtabel. Artinya bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap. Dari hasil perhitungan selanjutnya diperoleh koefisien kontingensi (C) untuk analisis hubungan pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien yaitu sebesar 0,569. Koefisien kontingensi maksimal (Cmkas) berdasarkan table m=2 adalah sebesar 0,707, apabila dibandingkan dengan Chitung maka Cmaks lebih besar dari C hitung yang artinya terdapat hubungan yang nyata antara pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Arga Makmur.