Tinjauan Indeks Kepuasan Masyarakat di Loket Pendaftaran Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara TK III Kota Bengkulu Tahun 2019

Authors

  • Ravinda Dewasari RUMAH SAKIT RAFFLESIA BENGKULU
  • Liendy Tresia RUMAH SAKIT RAFFLESIA BENGKULU

DOI:

https://doi.org/10.51851/jmis.v5i1.130

Abstract

Kepuasan pelayanan publik khususnya di instansi rumah sakit sangatlah penting dan sangat berpengaruh terhadap kunjungan masyarakat yang melakukan pengobatan. Menurut hasil observasi dengan cara wawancara pada masyarakat khususnya keluarga pasien yang mendaftarkan pasien rawat inap di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Inap (TPPRI) berdasarkan wawancara diketahui bahwa dari jumlah 10 orang yang diwawancarai terdapat 4 orang yang mengatakan puas dan 6 orang mengatakan kurang puas terhadap pelayanan kenyamanan lingkungan dan kecepatan pelayanan yang diberikan oleh petugas TPPRI, hal ini disebabkan oleh kebersihan yang kurang dan ruang tunggu yang kurang memadai untuk keluarga pasien yang mendaftarakan pasien di loket pendaftaran rawat inap . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat di loket pendaftaran rawat inap Rumah Sakit RS Bhayangkara TK III Polda Bengkulu Kota Bengkulu tahun 2019. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional, dengan populasi adalah keluarga pasien yang mendaftarkan pasien rawat inap dan sampel sebanyak 110 keluarga pasien dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan pengolahan data editing, coding, cleaning dan prosesing ponden dan analisis data menggunakan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomo 25 Tahun 2004. Indek Kepuasan Masyarakat terhadap kecepatan petugas 3,24 (puas), kesopanan petugas 3,28 (sangat puas), kepastian jadwal 3,42 (sangat puas), prosedur pelayanan 3,15 (puas), kejelasan petugas 3,33 (sangat puas), kedisiplinan petugas 3,23 (puas), tanggung jawab petugas 2,32 (cukup puas), keadilan dalam mendapatkan pelayanan 2,25 (cukup puas), keamanan dalam pelayanan 2,53 (puas), kenyamanan lingkungan 2,69 (puas) dan Indeks Kepuasan Masyarakat rata-rata 2,94 (puas). Saran sebaiknya petugas dibekali pelatihan dan workshop agar lebih memperhatikan keadilan dalam memberikan pelayanan kepada keluarga pasien yang mendaftarakan pasien di Tampat Pendaftaran Pasien Rawat Inap (TPPRI).

Downloads

Published

2021-03-10

How to Cite

Dewasari, R., & Tresia, L. . (2021). Tinjauan Indeks Kepuasan Masyarakat di Loket Pendaftaran Rawat Inap Rumah Sakit Bhayangkara TK III Kota Bengkulu Tahun 2019. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan (Health Information Management), 5(1). https://doi.org/10.51851/jmis.v5i1.130

Issue

Section

Articles