Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Komunikasi Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Di RSUD Dr. M.Yunus Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.51851/jmis.v7i1.320Keywords:
Kepuasan, Komunikasi, Pendaftaran Pasien Rawat JalanAbstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah komunikasi, dalam hal ini juga
termasuk perilaku, tutur kata, keacuhan, senyum, sapa dan salam diawal pelayanan dan respon
pembicara kepada lawan bicara serta Kemudahan mendapatkan informasi dan komunikasi menduduki
peringkat yang tinggi dalam persepsi kepuasan pasien rumah sakit tidak larang walaupun pasien
keiuarga merasa outcome tak sesuai dengan harapannya,pasien/keluarga merasa cukup puas karena
dilayani dengan sikap yang menghargai perasaan. Melihat gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap
komunikasi pendaftaran rawat jalan Bengkulu. Penelitian mi merupakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan cross sectional yaitu dengan cara pengumpulan data sekaligus pada suatu waktu dengan
tujuan untuk mencari kepuasan pasien pada komunikasi petugas pendaftaran rawat jalan RSUD Dr.
M. Yunus Bengkulu. Dari 20 responden diketahui 12 (60%) menyatakan cukup puas terhadap
kepuasan pasien dan dan 20 responden diketahui 12 (60%) menyatakan komunikasi petugas cukup
baik dan komunikasi petugas cukup baik dalam penyampaiannya komunikasi yang di gunakan
komunikasi 2 arah yaitu petugas dan pasien dan mendapatkan sedikit kendala dalam komunikasi yaitu
kebisingan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with JMIS agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the JMIS right of first publication with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JMIS.







