ANALISIS IMPLEMENTASI ANGKA KONTAK PASIEN BPJS DI PUSKESMAS CIBODAS KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Anggi Setiawati Universitas Teknologi Digital Bandung
  • Riyan Hadihtya Universitas Teknologi Digital Bandung

Keywords:

Angka Kontak, Pasien BPJS, Puskesmas

Abstract

Implementasi angka kontak merupakan salah satu indikator yang harus dipenuhi oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama yaitu Puskesmas sebagai salah satu syarat pemenuhan Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK). Angka kontak yaitu banyaknya kontak baik berupa kunjungan berobat maupun konsultasi yang dilakukan pasien ke Puskesmas Cibodas terkhusus pasien BPJS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis implementasi angka kontak pasien BPJS di Puskesmas Cibodas apakah sudah memenuhi target atau belum serta faktor apa yang menyebabkan belum atau sudahnya tercapai tarhet tersebut. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada pasien BPJS yang terdaftar di Puskesmas Cibodas. Subjek dari penelitian ini adalah pasien BPJS terdaftar di Puskesmas Cibodas yang pernah melakukan kontak dengan Puskesmas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Puskemas Cibodas belum dapat memenuhi capaian target angka kontak. Faktor yang mempengaruhi bukanlah berasal dari kualitas tempat ataupun layanan petugas kesehatan.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Anggi Setiawati, & Hadihtya, R. (2024). ANALISIS IMPLEMENTASI ANGKA KONTAK PASIEN BPJS DI PUSKESMAS CIBODAS KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan (Health Information Management), 9(1), 28-33. Retrieved from https://ojs.stikessaptabakti.ac.id/jmis/article/view/499