This is an outdated version published on 2024-12-31. Read the most recent version.

Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Pemerintah RSUD Aceh Singkil

Authors

  • adinda Universitas malahayti

DOI:

https://doi.org/10.51851/jmis.v9i2.531

Keywords:

Pelayanan; Dokter; Perawat; Administrasi; Penunjang

Abstract

Pada tahun 2018 Tingkat kepuasan pasien di indonesia sebesar 42.8% masih dibawah standar yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia diatas 95%. Peningkatan pelayanan kesehatan diperlukan dalam memberikan kepuasan kepada pasien. Kualitas layanan yang baik muncul dari persepsi pasien yang mengharapkan pelayanan yang diterima sesuai dengan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeanalisis kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit pemerintah RSUD Aceh Singkil.Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan crossectional. Populasi dalam penelitinan yaitu pasien atau keluarga pasien rawat inap di rumah sakit pemerintah RSUD Aceh Singkil sebanyak 320 orang dengan sampel sebanyak 175 orang dengan Accidental sampling menggunakan kuesioner sebagai intrumen penelitian. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2024. Analisis data dengan analisis univariat, bivariat (chi-square), dan multivariat (logistic regression). Responden yang tidak puas 83 orang (47.7%), Pelayanan Dokter yang baik 128 orang (73.1%), Pelayanan Perawat yang baik 132 orang (75.4%), Pelayanan Administrasi yang baik 98 orang (56.0%). Terdapat Hubungan antara Pelayanan Dokter (p-value 0.014), Pelayanan Perawat (p-value 0.012), Pelayanan Adminstrasi (p-value 0.000), dengan kepuasan pasien. Variabel yang paling dominan terhadap kepuasan pasien yaitu variable pelayanan admnistrasi (p-value 0.000) OR 8.105. Diharapkan Rumah sakit dapat meningkatkan kepuasan pasien dengan memberikan pelayanan pelayanan yang ramah dan penuh perhatian serta pemberian pelatihan kepada staff tenaga kesehatan.

Kata kunci: Pelayanan; Dokter; Perawat; Administrasi; Penunjang

Downloads

Published

2024-12-31

Versions

How to Cite

adinda. (2024). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Pemerintah RSUD Aceh Singkil. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan (Health Information Management), 9(2), 231-247. https://doi.org/10.51851/jmis.v9i2.531

Issue

Section

Articles