The analisis strategi pemasaran layanan kesehatan Puskesmas Sekincau untuk meningkatkan jumlah kunjungan pasien

Authors

  • Devi Anggraini Universitas Sangga Buana Bandung
  • Vip Paramarta Program Studi MMRS, Pascasarjana Universitas Sangga Buana Bandung
  • Farida Yuliaty Program Studi MMRS, Pascasarjana Universitas Sangga Buana Bandung

DOI:

https://doi.org/10.51851/jmis.v10i1.593

Keywords:

Harga; Kualitas produk; Kunjungan Puskesmas; Promosi; Teknologi

Abstract

Abstract
Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.Produk layanan yang berkualitas, harga yang terjangkau, lokasi yang mudah diakses, promosi yang tepat, dan penggunaan teknologi dalam pelayanan merupakan faktor penting yang berkontribusi terhadap peningkatan kunjungan pasien.Berdasarkan hasil tinjauan literatur, ditemukan bahwa strategi pemasaran yang efektif dapat meningkatkan kunjungan pasien secara signifikan.
Penelitian ini merekomendasikan bahwa Puskesmas Sekincau perlu terus meningkatkan kualitas pelayanan serta melakukan strategi pemasaran yang terarah dan berkelanjutan. Pengelola Puskesmas harus berfokus pada kualitas produk layanan, keadilan harga, promosi yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat, serta memaksimalkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan kepuasan dan kunjungan pasien. Dengan demikian, Puskesmas Sekincau diharapkan mampu meningkatkan tingkat kunjungan pasien secara konsisten dan berkelanjutan
Kata Kunci : Kualitas produk, Harga, Promosi, Teknologi,Kunjungan Puskesmas

 

Downloads

Published

2025-01-17

How to Cite

Anggraini, D., Paramarta, V. ., & Yuliaty, F. . (2025). The analisis strategi pemasaran layanan kesehatan Puskesmas Sekincau untuk meningkatkan jumlah kunjungan pasien. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan (Health Information Management), 10(1), 63-72. https://doi.org/10.51851/jmis.v10i1.593