Gambaran kepuasan pasien rawat jalan di tempat pendaftaran Puskesmas Babatan Kabupaten Seluma
DOI:
https://doi.org/10.51851/jmis.v5i2.150Keywords:
Kepuasan Pasien, Registrasi, Rawat Jalan, PuskesmasAbstract
Kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk dapat hidup layak dan produktif, untuk
itu diperlukan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang selaras dengan tujuan untuk
mengakses pelayanan kesehatan yang bermutu. Berbagai cara akan dilakukan setiap orang
untuk mendapatkan pengobatan yang baik, salah satunya dengan berobat ke pelayanan
kesehatan seperti di Rumah Sakit maupun Puskesmas. Puskesmas merupakan pusat
pengembangan kesehatan yang memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu
kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan pokok, dikembangkan sebagai ujung tombak
pelayanan kesehatan di Indonesia yang mempunyai wewenang dan tanggung jawab atas
pemeliharan kesehatan masyarakat dalam wilayah kerjanya tanpa mengabaikan mutu
pelayanan kepada individu. Puskesmas harus memiliki mutu pelayanan kesehatan yang baik
dan berkualitas guna memberikan kepuasan pada pasien yang dapat dirasakan manfaatnya
oleh masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian survey deskriptif melalui pendekatan
kuantitatif dengan menggunakan 4 item penilaian dengan skala likert. Populasi penelitian ini
adalah pasien rawat jalan yang berobat di UPT Puskesmas Babatan Kecamatan Sukaraja
Kabupaten Seluma dengan jumlah 100 responden yang bertujuan untuk mengetahui
gambaran kepuasan pasien rawat jalan di tempat pendaftaran. Dari hasil penelitian
Berdasarkan Indikator Pelayanan di TPPRJ Puskesmas Babatan dilihat dari segi Kecepatan
petugas dalam memberikan pelayanan sebanyak 55 (55,0%) orang pasien merasa cukup puas
karena petugas membantu pasien dalam memperoleh obat sehingga membantu kecepatan
dalam menyelesaikan pelayanan pasien. Untuk Indikator kenyamanan lingkungan sebanyak
37 (37%) pasien merasa tidak puas dikarenakan ruang pelayanan yang kurang bersih dan
rapih. Pada indikator prosedur pelayanan sebanyak 37 (37%) pasien merasa cukup puas hal
ini karena pasien merasa petugas menjalankan tugas sesuai dengan prosedur, kehandalan dan
kemampuan. Dan untuk indikator persyaratan pelayanan pasien di Puskesmas Babatan
Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma sebanyak 58 (58%) pasien merasa cukup puas
karena persyaratan yang mudah dan tidak terbelit-belit sesuai dengan kebutuhan pasien untuk
mendapatkan pelayanan.