Implementasi Total Quality Management Untuk Meningkatkan Kualitas Manajemen Di Puskesmas Lembang

Total Quality Management

Authors

  • Reutno Nur Fadilah Reutno Nur Fadilah Universitas Teknologi Digital
  • Wardana Wardana Universitas Teknologi Digital

Keywords:

total quality management;, implementasi, partisipasi karyawan, komitmen kepemimpinan, tantangan

Abstract

Puskesmas merupakan istilah yang digunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Oleh karena itu, selalu diperlukan kinerja yang maksimal dari Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan sehingga kualitas pelayanan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan dari implementasi total quality management (TQM) di Puskesmas Lembang dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Melalui wawancara mendalam dan observasi, penelitian ini menyelidiki bagaimana Puskesmas menerapkan konsep TQM, faktor-faktor yang mendukungnya, dan hambatan yang mereka hadapi selama proses implementasi. Hasilnya menyoroti pentingnya komitmen kepemimpinan, keterlibatan karyawan, budaya organisasi yang mendukung, dan pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip TQM untuk implementasi yang sukses. Namun penelitian ini juga menunjukkan beberapa tantangan seperti kurangnya sumber daya, resistensi terhadap perubahan, dan kurangnya pemahaman tentang konsep TQM. Penelitian ini memberikan informasi yang berharga bagi staf Puskesmas dan praktisi kesehatan dalam mengembangkan strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui implementasi TQM.

 

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Reutno Nur Fadilah, R. N. F., & Wardana, W. (2024). Implementasi Total Quality Management Untuk Meningkatkan Kualitas Manajemen Di Puskesmas Lembang: Total Quality Management. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan (Health Information Management), 9(1), 49-55. Retrieved from https://ojs.stikessaptabakti.ac.id/jmis/article/view/466