Analisis Dimensi Kepuasan Ibu Yang Memiliki Balita Terhadap Kunjungan Ke Posyandu Pada Masa New Normal
DOI:
https://doi.org/10.51851/jmis.v9i2.558Keywords:
Kepuasan; Posyandu; Kehandalan, Daya Tanggap; EmpatiAbstract
Posyandu memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dasar khususnya untuk menurunkan AKI dan AKB. Namun, sejak masa pandemi Covid-19 jumlah angka kunjungan balita ke posyandu semakin berkurang. Persentase rata-rata balita yang ditimbang di provinsi Lampung 67,5%, pencapaian indikator D/S di Kota Metro sebesar 72,6% belum mencapai presentasi target provinsi yaitu sebesar 80%. Tujuan dari penelitian ini menganalisis dimensi kepuasan ibu yang memiliki balita terhadap kunjungan ke posyandu selama masa new normal di wilayah kerja Puskesmas Mulyojati Kota Metro tahun 2022. Jenis penelitian kuantatif dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 660 orang dan sampel 242 orang, pengambilan sampel dengan non random sampling:purposive: proporsional sampling. Analisis dengan chi square dan regresi logistik. Hasil penelitian mendapatkan terdapat hubungan kepuasan dimensi bukti langsung (p value 0,000 OR=2,9), dimensi kehandalan (p value 0,006 OR=2,1), daya tanggap (p value 0,000 OR=2,8), keyakinan (p value 0,000 OR=3,9), empati (p value=0,000 OR=3,3), dengan kunjunganibu yang memiliki balita ke posyandu pada masa new normal. Dimensi jaminan/assurance menjadi variabel yang paling dominan berpengaruh dengan kunjungan ibu yang memiliki balita ke posyandu pada masa new normal OR=3,3. Hendaknya pemerintah daerah melakukan peningkatan kapasitas kader posyandu dalam interaksi interpersonal/melakukan komunikasi efektif dengan sasaran dan peningkatan kompetensi kader dalam melayani sasaran bayi balita. Mendampingi kader dalam upaya peningkatan pengetahuan, ketrampilan melalui mengakses buku bacaan khusus kader serta mengadakan kegiatan jambore bagi para kader posyandu
Kata Kunci : Kepuasan; Posyandu; Kehandalan, Daya Tanggap; Empati