Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit TK IV 02.07.01 Zainul Arifin Tahun 2020
DOI:
https://doi.org/10.51851/jmis.v5i2.143Keywords:
waktu, pelayanan, rumah sakitAbstract
Waktu tunggu adalah waktu yang dipergunakan oleh pasien untuk mendapatkan pelayanan
rawat jalan dari tempat pendaftaran sampai masuk ke ruang pemeriksaan dokter. Tujuan
penelitian ini adalah Untuk mengetahui waktu tunggu pasien di poliklinik penyakit dalam
terhadap pelayanan rekam medis di rumah sakit TK IV 02.07.01 Zainul Arifin Bengkulu.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah 140 berkas
rekam medis di rumah sakit TK IV 02.07.01 Zainul Arifin Bengkulu, dengan tehnik
pengambilan sampel total sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi langsung.
Analisis secara univariat. Hasil analisis univariat menunjukkan tentang lama waktu tunggu
dikategorikan lama yaitu 18 menit dari 42 berkas pasien (71,5%), dikategorikan cepat 7
menit (28,5%). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, lama waktu tunggu pelayanan pasien
dikategorikan lama . untuk mengurangi lama waktu tunggu, seharusnya pihak rumah sakit
lebih memperhatikan tentang lama waktu tunggu pelayanan, sebaiknya di pendaftaran rawat
jalan menggunakan sistim komputerisasi maka akan memperlancar pelaksanaan kegiatan
sehingga berakibat pada waktu tunggu pasien menjadi lebih cepat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with JMIS agree to the following terms: Authors retain copyright and grant the JMIS right of first publication with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JMIS.







