PENGARUH PENYULUHAN KELAS IBU HAMIL TERHADAP PENGETAHUAN DAN PARTISIPASI PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI ( P4K)

Authors

  • Yeni Puspita Sari Dosen Poltekes Kemenkes Bengkulu Jurusan Kebidanan Curup

DOI:

https://doi.org/10.51851/jkb.v2i1.99

Keywords:

pengetahuan, partisipasi dan Stiker P4K

Abstract

Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) dengan Stiker merupakan upaya terobosan dalam percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir. Kegiatan membangun potensi masyarakat, untuk persiapan dan menyelamatkan ibu dan bayi baru lahir. Berdasarkan Survey pendahuluan di puskesmas prumnas peneliti melakukukan wawancara tidak terstruktur kepada 8 ibu hamil diantaranya 2 ibu hamil yang sudah memasang stiker P4K sedangankan 6 ibu hamil belum merencanakannya dan belum menempel Stiker P4k Dirumahnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kelas ibu hamil terhadap pengetahuan dan partisipasi ibu hamil dengan pemasangan stiker P4K pada program P4k di wilayah puskesmas Prumnas Rejang Lebong Bengkulu tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah Pra Eksperimental dengan desain one group pretest -posttest. Populasi dalam penelitian  ini adalah seluruh Ibu hamil yang mengikuti kelas ibu di wilayah puskesmas prumnas kab. Rejang lebong yaitu 40 orang. Sampel diambil secara Total sampling sebanyak 40 orang ibu hamil yang memenuhi kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner Pre dan Post dan observasi langsung kepada pasien pemasangan stiker p4k. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji Wilcoxon pada α 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perbandingan nilai median pada skor pengetahuan antara (pretest dan posttest) yaitu 30:73. Dari hasil uji wilcoxon pada pengatahuan dan partisipasi di peroleh nilai P –value sebesar 0,000 (<0,05). dengan demikian pada alpha 5% terdapat perbedaan pengetahuan dan partisipasi sebelum dan sesudah penyuluhan. Ada perbedaan pengetahuan dan partisipasi pemasangan stiker P4K sebelum dan setelah dilakukan penyuluhan di Puskesmas prumnas rejang lebong bengkulu dengan nilai (p value = 0,000).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-23

How to Cite

Yeni Puspita Sari. (2017). PENGARUH PENYULUHAN KELAS IBU HAMIL TERHADAP PENGETAHUAN DAN PARTISIPASI PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI ( P4K). Jurnal Kebidanan Besurek, 2(1), 34-39. https://doi.org/10.51851/jkb.v2i1.99

Issue

Section

Articles