HUBUNGAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH OBSTETRI MAHASISWA DIII KEBIDANAN
DOI:
https://doi.org/10.51851/jkb.v4i2.149Keywords:
Minat, Motivasi, Hasil BelajarAbstract
Peningkatan kualitas berhubungan dengan berbagai unsur/pihak yang terlibat dalam kegiatan pendidikan perlu terus dilakukan agar mencapai hasil yang bagus. Salah satu indikator keberhasilan dalam pembelajaran adalah peserta didik memperoleh hasil belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) distribusi frekuensi minat belajar tehadap mata kuliah obstetri. (2) distribusi frekuensi motivasi belajar tehadap mata kuliah obstetri. (3) distribusi frekuensi hasil belajar tehadap mata kuliah obstetri. (4) hubungan minat terhadap hasil belajar mata kuliah obstetri. (5) hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata kuliah obstetri mahasiswa DIII Kebidanan Semester III Universitas Kader Bangsa Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Kader Bangsa Palembang. Metode yang digunakan adalah observasional analitik. Populasi dalam penelitian ini 114 mahasiswa semester III Universitas Kader Bangsa Palembang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, maka didapat jumlah sampel 88 mahasiswi. Pengambilan data tentang Motivasi Belajar dan Minat Bekerja Pasca Studi menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa, (1) Hasil persentase menunjukkan bahwa minat mahasiswa terhadap mata kuliah obstetri hampir sebagian baik (30,7 %). (2) Motivasi mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah obstetri hampir sebagian baik (38,6 %). (3) Tingkat hasil belajar mahasiswa terhadap mata kuliah obstetri sebagian besar cukup (54,5 %). (4) Dari perhitungan diperoleh r hitung = 0,88, sedangkan harga r tabel adalah 0,248. Karena r hitung = 0,88 > 0,248 = r tabel, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna dari minat belajar terhadap hasil belajar mata kuliah obstetri. (5) Dari perhitungan diperoleh r hitung = 0,92, sedangkan harga r tabel adalah 0,243. Karena r hitung = 0,92 > 0,243 = r tabel, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna dari motivasi belajar terhadap hasil belajar mata kuliah obstetri.Perlu dikembangkan penelitian berikutnya untuk memecahkan faktor- faktor lain yang sangat mempengaruhi hasil belajar obstetri guna meningkatkan kualitas KBM.